Minggu, 21 Juli 2019

Tentang Blog Tourism Research

Bicara kuliah jurusan pariwisata sering kali disalah pahami oleh sebagian orang yang masih awam, termasuk calon mahasiswa pariwisata itu sendiri. Banyak dari calon mahasiswa memilih jurusan pariwisata dengan keinginan untuk menjauhi hal-hal yang terkait dengan hitungan matematis ketika diwawancarai. mereka berfikir bahwa jurusan pariwisata hanyalah kuliah bersenang-senang sambil jalan-jalan setiap hari. 

Hary Hermawan

Hal diatas terbukti salah besar dan harus segera diluruskan, meninjau beberpaa kurikulum kuliah di berbagai kampus swasta sudah menjadi barang yang wajib bahwa metri kuliah yang disampaikan justru menuntut mahasiswa untuk mampu berfikir logis atau matematis. Kuliah pariwisata setidaknya tetap akan menemui, mata kuliah berbau hitung-hitungan seperti: statistik pariwisata, manajemen keuangan, studi kelayakan, serta yang sangat menguras energi adalah belajar metodologi penelitian kuantitatif.

Bagi kebanyakan mahasiswa pariwisata, beban berat yang mereka rasakan adalah menyelesaikan Tugas Akhir (menyusun skripsi), maka diharapkan blog ini dapat menjadi panduan bagi mahasiswa atau pembaca secara umum yang tertarik pada penelitian pariwisata. Blog ini ditulis berdasarkan sebuah buku berjudul RISET HOSPITALITAS (Metode Kuantitatif untuk Riset Bidang Kepariwisataan). 

Fokus dari blog ini untuk membahas riset kuantitatif dalam bidang kajian kepariwisataan dan hospiyality dengan harapan dapat menuntun pembaca khususnya para mahasiswa pariwisata untuk melakukan penelitian sesuai dengan bidangnya yaitu bidang kepariwisataan dan hospitality.

Disamping itu, dalam blog ini diberikan contoh praktisbagaimana merumuskan judul penelitian, penggunaan alat uji statistic, instrumen pencarian data, persoalan populasi serta sampel penelitian. 

Penulis menyadari bahwa  blog ini masih jauh dari kata sempurna, baik dari aspek tekstual maupun kontenya. Maka dari itu, penulis sangat berharap adanya krtitik yang membangun dari para pembaca buku ini melalui email haryhermawan8@gmail.com untuk membantu dalam penyempurnaan blog ini.

Salam,




Tidak ada komentar:
Write komentar